Biro Iklan Tangerang Selatan

Iklan On line

Iklan On line
Pasang Iklan Anda Disini

Lagi, Kecilnya Dana Bantuan Provinsi Banten Kepada Tangsel

Serpong, SUARA TANGSEL – Kecilnya dana bantuan pembangunan provinsi Banten kepada kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2017, hanya berjumlah Rp 5 itu dinilai anggota DPRD TB Bayu Murdani tidak sesuai dengan rancangan pembangunan di kota Tangsel.
Menurut TB Bayu, bantuan pemerintah provinsi Banten yang relative kecil itu tidak sepadan dengan rencana pembanguna yang akan dilaksanakan kota Tangsel pada tahun angagran 2017 mendatang.
“Mengenai bantuan Rp 5 miliar itu,  saya pikir terlalu kecil jika melihat rancangan pembangunan di kota Tangsel, untuk itu saya mohon kepada  Pak Hudaya (kepala Bappeda  provinsi Banten) yang mewakili Pemerintah Provinsi Banten, tolong sampaikan salam saya kepada Gubernur Banten Rano Karno, usulan saya  seharusnya bantuan ke Tangsel itu minimal sebesar  Rp 75 miliar,“ kata TB Bayu Wakil Ketua DPRD kota Tangsel asal PDI-Perjuan gan, pada forum Musrenbang Kota yang dilaksanakan di Graha Widya Bakti Puspitek, Serpong, juga hadir kepala Bappeda provinsi Banten, Hudaya Latuconsina,
Sebelunya, pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Banten Tahun Anggaran 2016, bantuan keuangan kabupaten/kota  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang mencapai Rp 534 miliar itu, kota Tangsel hanya mendapat bantun sebesar Rp 9, 065 miliar alias tidak ada kenaikkan bantuan, dari alokasi dana bantuan dalam RPAPBD yang sebelumnya berjumlah Rp 394, 142 miliar.
Sementara enam kabupaten/kota lain seperti  kabupaten Pandeglang yang sebelumnya Rp42,282 miliar menjadi Rp47,982 miliar atau naik Rp2,7 miliar, Kabupaten Lebak dari Rp68,866 miliar menjadi Rp123, 761 atau naik Rp54,895 miliar.
Kabupaten Tangerang dari Rp107,918 miliar menjadi Rp152,478 miliar naik Rp44,56 miliar. Kabupaten Serang dari Rp78,518 miliar jadi Rp91,768 miliar naik Rp13,25 miliar. Kota Tangerang dari Rp11,16 miliar menjadi Rp21,16 miliar naik Rp10 miliar, Kota Cilegon Rp8,837 miliar menjadi Rp25,837 miliar naik Rp17 miliar.
Kecuali kota Serang dan Tangsel yang bantuannya tidak mengalami kenaikkan, dimana masing-masing mendapat bantuan Rp 64,695 miliar untuk kota Serang, dan Rp 9,065 miliar untuk Tangsel.
Berharap Dana Bantuan Bertambah
Karena itu, wakil wali kota Tangel Benyamin Davnie, mengatakan, “ Kita berharap agar bantuan keuangan dari provinsi untuk  tahun anggaran 2017 bisa bertambah, tadi saya sudah berbincang dengan kepada Bappeda provinsi, bahwa nanti polanya bisa dikembangkan dengan sentralisasi tapi bisa melalui jalur tugas pembantuan, mudah-mudahan jumlah Rp 161 miliar yang diusulkan ke provinsi dan DPRD  mengharapkan minimal bisa Rp 75 miliar, mudah-mudahan bisa lebih banyak.” Harap Benyamin.
Karena itu, kalau bantuan itu hanya Rp 5 miliar, “Ya kalau begitu tidak berarti apa-apa buat Tangsel,” ujar Pak Ben sapaan akrab Benyamin Davnie.
Sementara itu, kepada Bappeda provinsi Banten, Hudaya Latuconsina mengatakan, soal mengapa tahun lalu bantuan Pemprov Banten kepada kota Tangsel seperti itu, dirinya mengakut tidak tahu.
“Kalau perjalanan mengapa sampai bantuannya seperti itu, saya tidak paham, tapi untuk tahun yang akan datang besar kecil bantuan dari provinsi itu akan didasarkan pada, pertama, apakah program yang diusulkan itu prioritas atau tidak. Kedua, yang dimaksud dengan prioritas itu adalah indikator kerja dari apa yang capai oleh pemerintah provinsi.” Jelas Hudaya.
Hadaya kemudian menambahkan, “ Saya yakin kalau program-program yang diusulkan itu mengacu pada lima hal pelayanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan, kemudian persoalan social seperti kemiskinan, dan persoalan pemerintahan, maka saya yakin ini bisa diinterpensi  melalui program bantuan,  persoalannya sekarang tadi aspek-aspek yang program yang diprioritaskan itu harus dipastikan sangat relevan dengan capaian kinerja provinsi, jadi kita tidak bisa mengatakan apakah harus 9 atau 100 miliar,  tetapi sepanjang prioritas itu menjadi kata kunci , dan bisa diselesaikan dalam capaian kinerja baik itu kota Tangsel atau provinsi, maka kenapa tidak bantuan itu dapat ditingkatkan, sampai 100 miliar pun tidak masalah, sepanjang itu sesuai kata kunci.” Pungkas Hudaya.
(Ris/Hendra)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lagi, Kecilnya Dana Bantuan Provinsi Banten Kepada Tangsel"

Poskan Komentar