Biro Iklan Tangerang Selatan

Iklan On line

Iklan On line
Pasang Iklan Anda Disini

GARA GARA,"BEBEK NUNGGING," Zaskia Gotik Tersandung Hukum

Seni komedi yang berbobot selalu punya semacam encomium moriae, pujian terhadap ketololan.
Ernst Cassirer, “Manusia dan Kebudayaan” terjemahan Alois A Nugroho, 1990 : 228
LAGI, akhir-akhir ini ada pesohor yang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat, dan menjadi bahan berita di media cetak, online, dan televisi. Zaskia Gotik namanya. Gotik itu singkatan dari Si Goyang Itik.
Publik mana yang tak kenal Zaskia? Dia dikenal masyarakat luas. Apalagi profesinya sebagai penyanyi dangdut. Tapi saat ini popularitasnya bukan lantaran albumnya yang terbaru dan otaknya yang encer, juga bukan karena aksi-aksi panggungnya yang bikin gemes penonton karena ketika menyanyi bokongnya selalu digoyang-goyangkan seperti seekor itik yang sedang berjalan.
Bukan, sekali lagi bukan karena itu. Tapi Zaskia tersandung urusan yang cukup berat. Tentu saja itu akibat kelalaian dan kebodohannya sendiri. Dia diduga melakukan penghinaan dan pelecehan terhadap lambang negara. Kisah penghinaan itu berawal dari program musik di salah satu televisi swasta, Selasa (15/3/2016).

Zaskia hadir bersama dua penyanyi dangdut lainya, Julia Perez dan Ayu Ting Ting. Mereka bertiga membentuk Trio Cecepy. Pada salah satu segmen acara tersebut, yakni ‘Cerdas Cermat’, mereka ditanya oleh pemandu acara Deni Cagur, “Tanggal berapa Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?”.
Ayu dan Jupe menjawab benar, tanggal 17 Agustus 1945. Namun menurut Zaskia, “Setelah adzan subuh, tanggal 32 Agustus.” Deni Cagur lalu bertanya kembali, “Apa lambang sila kelima Pancasila?”. Ayu dan Jupe menjawab “padi” dan “kapas”. Namun Anehnya, Zaskia menjawab lain. “Bebek nungging,” katanya.
Publik pun bukannya ingin tertawa. Sebaliknya terhenyak, tersinggung, dan bahkan marah dengan jawaban-jawaban Zaskia itu. Zaskia kemudian minta maaf secara terbuka kepada masyarakat Indonesia melalui televisi. Namun langkah itu tidak cukup. Ada beragam elemen yang meminta itu disikapi lebih serius.
Betul saja, penyanyi yang biasa dipanggil Eneng ini dilaporkan Subdit Cyber Crime ke Sentra Pelayanan Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Rabu (16/3/2016). Anggota DPD RI, Fahira Idris juga kecewa. Dia melaporkan Zaskia ke Polda Metro Jaya, Kamis (17/3/2016). Namun Denny Cagur dilaporkan juga, karena dinilai ikut andil terhadap dugaan pelecehan tersebut.
Baik Zaskia maupun Denny diduga melanggar Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu junto Pasal 158 KUHP. Ancamannya diatas lima tahun kurungan penjara.
Hari-hari Denny, apalagi Zaskia sejak dilaporkan ke polisi itu, mungkin hidupnya tidak setenang dan senyaman sebelumnya. Perempuan berambut panjang itu malah bisa jadi dari waktu ke waktu semakin was-was. Sebab apabila polisi betul-betul memproses kasusnya sesuai dengan aturan hukum, sanksinya tidak main-main. Sangat berat.
Siapa pun itu, baik pesohor maupun orang berpangkat dan yang punya duit sekalipun dan masyarakat biasa, selama tercatat sebagai warga negara Indonesia, wajib menghargai dan menghormati lambang negaranya, baik secara etik maupun aturan tertulis.
Setiap anak bangsa juga memiliki kewajiban mencintai bangsa dan negaranya dalam keadaan apa pun, dengan rasa dan jiwa nasionalisme yang kuat serta memperlakukan bangsa dan negara ini dengan budaya yang baik.
Sebagai artis, Zaskia semestinya sadar. Hadir dalam acara yang memiliki unsur menghibur yang harus ada bumbu-bumbu komedinya itu sangat tidak mudah. Di era saat ini, menghibur dengan pendekatan komedi harus memiliki kekuatan kecerdasan, tidak cukup mengandalkan otak yang biasa-biasa saja.
Karena itu, membawakan komedi dengan cara-cara menghina dan menjelekan serta melecehakna fisik orang lain, termasuk lambang-lambang negara sesungguhnya sudah tidak tepat lagi, sudah usang pula. Jika cara-cara seperti itu masih saja dieksplorasi oleh para pesohor dan para pemilik televisi swasta, maka kejadian-kejadian yang sangat naif dan di luar nalar yang waras akan terus terjadi. Pelakunya pun harus berani menelan kepahitan. (*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GARA GARA,"BEBEK NUNGGING," Zaskia Gotik Tersandung Hukum"

Poskan Komentar